Tips Menjaga Kebersihan Tempat Kerja - Lingkungan kerja adalah salah satu faktor penting dalam pertumbuhan dan keberhasilan perusahaan startup. Pengusaha memiliki tanggung jawab untuk memastikan karyawan mereka bekerja dalam kondisi higienis. Ini tidak hanya meningkatkan kesejahteraan mereka tetapi juga menjamin kesehatan mereka di tempat kerja. Jika Anda mampu mempertahankan tenaga kerja yang bahagia dan sehat, maka Anda dapat yakin akan peningkatan produktivitas dan karena itu tumbuh dan sukses untuk perusahaan startup Anda.
Ketika karyawan puas dengan kondisi kerja mereka, mereka bertahan dalam pekerjaan mereka lebih lama. Tenaga kerja yang setia dan berpengalaman sangat penting untuk mendorong bisnis Anda ke tingkat selanjutnya. Baca terus untuk mengetahui beberapa cara sederhana namun efektif Anda dapat menjadikan perusahaan startup Anda tempat yang higienis dan sehat untuk seluruh tim.

Beberapa Hal Yang Harus Anda Lakukan

1.      Pasang Hand Sanitizers

Dalam banyak pengaturan, satu-satunya tempat orang dapat menemukan pembersih tangan adalah di kamar mandi. Untuk membuat lingkungan perusahaan Anda lebih higienis dan sehat, pertimbangkan untuk memasang dispenser handwash di area lain juga.
Ini akan membuat mereka tersedia jika karyawan atau klien merasa perlu untuk membersihkan tangan mereka tanpa harus melakukan perjalanan ke kamar mandi. Misalnya, staf mungkin suka membersihkan tangan setelah mengosongkan sampah.
Pembersih tangan dapat ditempatkan secara strategis di dinding di pintu masuk dan keluar. Ini mengingatkan karyawan akan kebutuhan untuk mencuci tangan secara teratur. Mencuci tangan dikatakan meningkatkan kebersihan ruang kerja hingga 50%.

2.      Mengatur Jadwal Pembersihan

Tidak ada berapa kali pembersihan harus dilakukan. Jadwal bervariasi tergantung pada frekuensi orang yang masuk dan keluar dari pengaturan komersial. Misalnya, kantor kecil yang terdiri dari 1-5 orang bisa baik-baik saja dengan dua sesi pembersihan per minggu.
Ruang yang sering dikunjungi banyak orang, seperti kafe dan toko, akan membutuhkan beberapa sesi pembersihan setiap hari. Pembersihan ruang kerja seperti meja harus dilakukan setiap hari.
Karyawan harus didorong untuk menyeka alat kerja mereka di pagi hari sebelum bekerja, atau di malam hari setelah bekerja. Perusahaan dapat menyediakan handuk basah untuk keperluan ini.

3.      Mengatur Sistem Pembuangan Sampah

Pasang sistem pembuangan sampah sehingga orang yang mengunjungi tempat kerja tahu di mana dan bagaimana membuang sampah. Tempatkan tempat sampah di beberapa lokasi di dalam bangunan. Itu tidak hanya menjaga kebersihan tempat kerja, tetapi juga membantu menghindari bau tidak sedap karena pembuangan yang buruk. Pastikan mereka dikosongkan.

4.      Pastikan Peralatan Dibersihkan

Sebagian besar tempat kerja menawarkan teh dan makanan ringan kepada karyawan mereka. Pastikan bahwa ada seseorang untuk mencuci gelas dan piring setelah setiap kali digunakan.
Ini karena puing-puing makanan seperti sup, partikel, dan gula adalah zona perkembangbiakan yang baik untuk kuman. Semua peralatan harus dicuci dengan air hangat bersabun, dibilas dan dikeringkan.
Area camilan dan persiapan teh juga harus dibersihkan setelah digunakan, dan handuk digantung hingga kering.
Intiya adalah ketika karyawan berupaya memastikan tempat kerja bersih dan higienis, mereka tidak hanya melakukannya untuk karyawan tetapi juga untuk klien, distributor, pemasok, dan calon investor yang dapat datang kapan saja. Anda tidak mampu menciptakan kesan kekacauan dan kekacauan pada berbagai pemangku kepentingan di perusahaan.
Ini akan menunda mereka, yang akan mempengaruhi bisnis Anda secara negatif. Jadi, letakkan praktik sederhana dan efektif ini agar staf Anda tetap sehat, dan bisnis Anda akan tumbuh. Nah, jika Anda menginginkan peralatan kantor sebagai salah satu pelengkap kebersihan kantor Anda. Maka Anda membeli furniture kantor hanya di Distributor toko Kantor Surabaya.